• Home
  • Tentang
  • Privacy Policy
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • f
  • t
  • g+
Locker Nada
  • Berita
  • Partitur
  • Paduan Suara
  • Musik
  • Keyboard
  • Guitar
  • Vokal
  • Video
Home » Paduan Suara » Sistem Latihan Paduan Suara "Locker Nada"

Sistem Latihan Paduan Suara "Locker Nada"



           Ketika bergabung dengan sebuah paduan suara, kita pasti harus mengikuti sistem latihan tertentu. Sistem paduan suara ini dibuat untuk memudahkan penyanyi dan pengaba mencapai standar musik dan artistik yang diinginkan, baik untuk jangka pendek (konser terdekat, misalnya), maupun jangka panjang (peningkatan kualitas). Biasanya ini berkaitan dengan bagaimana latihan dijalankan, tahapan dalam menguasai sebuah repertoar, dan jumlah latihan tatap muka dengan pengaba atau asistennya. Tapi lebih dari itu, sistem latihan juga berkaitan dengan disiplin dan komitmen. Pertanyaan yang kemudian sering kita dengar adalah:

        Sebenarnya bagaimana sih sistem latihan paduan suara yang ideal? Kita coba investigasi yuk, apa kata para praktisi paduan suara mengenai hal ini. Penulis akan mencoba mengekstrak sebuah artikel yang sangat bagus yang ditulis oleh konduktor Katherine Tiefel untuk sebuah konferensi paduan suara. Menurut Tiefel, pelatih paduan suara memiliki peranan yang sangat penting dalam kesuksesan latihan. Untuk setiap komposisi musik yang akan ditampilkan, dia menekankan pentingnya perencanaan, yang ia bagi dalam tiga bagian: 

1. Penelaahan Partitur
            Pelatih harus benar-benar mengetahui bagaimana dia menginginkan sebuah lagu terdengar. Dia harus bisa membayangkan seperti apa kira-kira nanti paduan suara yang ia latih akan terdengar di telinga audiens. Tiefel secara tegas mengatakan bahwa kedalaman penelaahan partitur ini akan tercermin pada musikalitas paduan suara ketika tampil. Jika pelatih tidak tahu apa yang dia mau, penyanyi juga biasanya bernyanyi menurut interpretasi mereka sendiri.
Secara rinci, penelaahan partitur ini meliputi:
  • intonasi dan ritmus; pelatih (atau dengan bantuan pianis) sebaiknya bisa menyanyikan dan/atau memainkan musik yang akan dia garap
  • analisis struktur; berkaitan dengan bagian lagu, melodi utama, tekstur dan bentuk musik
  • unsur musik; seperti dinamika, frasa dan pengalimatan, artikulasi, dan tempo
  • unsur vokal lain; bunyi konsonan dan vokal, pernapasan dan lain-lain.
             Tiefel menyarankan pelatih untuk tidak sungkan-sungkan berkonsultasi atau sekedar tukar pikiran dengan pelatih lain mengenai musik yang sedang dia olah. Gue sendiri menganggap ini sebuah keharusan, karena seorang pelatih, sebagus apa pun profilnya, selalu bisa belajar lebih banyak dari orang lain. Juga perlu diingat bahwa diskusi dengan penyanyi bisa sangat informatif. Kadang-kadang penyanyi memiliki wawasan lebih mengenai topik tertentu.

2. Strategi Latihan
           Pelatih paduan suara itu pada dasarnya juga guru, jadi dia sebaiknya mengetahui dasar-dasar pedagogi. Misalnya pembelajaran berdasarkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Jadi ada baiknya pelatih selalu menggabungkan pengajaran yang merangsang daya nalar visual, pendengaran, dan tidak ada salahnya untuk menggunakan gerakan dalam menjelaskan interpretasi musik.
Lebih jauh, Tiefel memberikan beberapa tips berguna:
  • Kurangi berbicara, perbanyak bernyanyi. Prinsipnya adalah, kalau pelatih terlalu banyak berbicara, penyanyi kekurangan jatah bernyanyi. Sesederhana itu.
  • Perbanyak penjelasan menggunakan gerakan (kinestetik), karena biasanya penyanyi lebih mudah mengingat ini ketimbang penjelasan dengan kata-kata.
  • Latih unsur-unsur (detail) musik terlebih dahulu, belajar not kemudian. Tentang ini, gue nggak sepenuhnya setuju dengan Tiefel. Tapi mungkin pelatih bisa melihat apakah dalam kasus paduan suara yang ia latih mereka lebih bisa belajar not dulu baru detail kemudian atau sebaliknya.
  • Membangun budaya penyanyi yang bertanggung jawab. Ini menarik dan penting. Tiefel menekankan pentingnya penyanyi mencatat apa yang dibahas pelatih langsung di partitur mereka.
  • Membangun ketererampilan vokal dan musikal. Ini untuk tujuan jangka panjang. Semua penyanyi harus menguasai teknik dasar vokal yang nantinya bisa dibentuk dan dimodifikasi tergantung musik yang akan dinyanyikan.
3. Rencana Latihan
                Perencanaan yang baik adalah setengah dari keberhasilan. Merujuk pada Tiefel dan pengalaman sendiri bernyanyi bersama beberapa paduan suara di sini, perencanaan yang terperinci mempermudah kedua pihak: pelatih dan penyanyi, untuk segera mencapai standar artistik yang diharapkan. Prinsipnya mungkin secara mudah kita sebut saja “hitung mundur”. Kapan konser? Berapa hari tersisa? Berapa kali latihan tatap muka dengan konduktor utama? Berapa kali latihan tambahan (untuk membenahi not, misalnya)? Berapa jam efektif secara keseluruhan? Bar berapa sampai bar berapa akan dibahas malam ini?
Nah, begitu kira-kira intisari dari artikel Tiefel mengenai sistem latihan paduan suara yang baik. Bagaimana kalian berlatih di paduan suara kalian sendiri?
Sistem Latihan Paduan Suara "Locker Nada" , Pada: 03:13



Share to

Facebook Google+ Twitter
Diposkan oleh Khaelani di 03:13

Related Posts

2 comments :

  1. Unknown19 June 2013 at 06:58

    min, mau tanya dong. Admin orang Cirebon n tinggal di Cirebon bukan sih? Kalo iya mau tanya dong, admin punya kenalan link untuk pelatih paduan suara ga ya? Makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. Khaelani6 January 2015 at 16:36

    Sobirin A. Satori; Ini gua rin dimish psm iain :D

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

« Next Prev »

Label

Guitar Keyboard Musik Paduan Suara Partitur Video Vokal

Mau Parfum Murah???

Mau Parfum Murah???

Populer Locker Nada

  • Pengertian Partitur "Loker Nada"
    Pengertian Partitur "Loker Nada"
                Partitur adalah tulisan yang digunakan oleh musisi untuk menyampaikan atau menyimpan nada-nada. Partitur dapat digunakan...
  • Lagu Daerah - Janger "Locker Nada"
    Lagu Daerah - Janger "Locker Nada"
    Judul                : Janger Pengarang       : - Komposer        : Budi Susanto Yohanes Sinopsis Lagu : Lagu dari daerah bal...
  • Lagu Daerah - Kota Cirebon 'Locker Nada'
    Lagu Daerah - Kota Cirebon 'Locker Nada'
    Judul                : Kota Cirebon Pengarang       : H. Abdul Ajid Komposer        : Iam Maulana & Khaelani Sinopsis Lagu : Lagu...
  • Lagu Dareh - Sigulempong "Locker Nada"
    Lagu Dareh - Sigulempong "Locker Nada"
    Judul                : Sigulempong Pengarang       : - Komposer        : Lik Lik Sugirto Sinopsis Lagu :  Ini merupakan lagu yang ber...
  • Dirigen atau Conducting Paduan Suara "Locker Nada"
    Dirigen atau Conducting Paduan Suara "Locker Nada"
    DIRIGEN / CONDUCTOR adalah orang yang memimpin Paduan Suara. Dirigen dalam Paduan Suara sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pe...
Copyright © 2015 Locker Nada Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved